Cedera Memaksa Jorge Lorenzo Berhenti


Ocean Sports - Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP. Cedera dan kondisi fisik diakui jadi tantangan yang amat besar, hingga akhirnya memutuskan berhenti.

Pebalap asal Spanyol itu mengumumkan pensiun dalam konferensi pers pada Kamis (14/11/2019). MotoGP Valencia, Minggu (17/11) nanti akan menjadi balapan terakhir Lorenzo dengan motor MotoGP.

MotoGP musim 2019 menjadi salah satu musim terburuk Lorenzo selama berkarier di dunia balap motor. Rider Repsol Honda tersebut tak mampu memenangi satu pun race, serta menempati peringkat ke-19 di klasemen sementara dengan baru mengumpulkan 25 poin alias senilai satu kemenangan.

Padahal gabungnya Lorenzo ke Repsol Honda diyakini sudah menghadirkan sebuah tim impian di MotoGP. Ia dan Marc Marquez adalah peraih gelar juara dunia sejak 2012.

Cedera menjadi salah satu faktor terbesar buruknya performa Lorenzo musim ini, yang pada akhirnya memengaruhi pula keputusan untuk berhenti. Pemilik lima gelar juara dunia itu mengalami cedera patah kaki, lalu retak di tangan dan tulang belakang dalam kurun setahun terakhir.

"Saya juga kesulitan di tahun pertama bareng Ducati, tetapi saya lebih kesulitan kali ini karena sebelum musim dimulai, saya mengalami dua cedera besar tahun lalu. Pertama masalah pada kaki di Aragon, lalu pergelangan tangan di Thailand," kata Lorenzo dikutip dari Crash.

"Kemudian di pramusim saya mematahkan tulang scaphoid (di pergelangan tangan) saya, di Qatar giliran beberapa tulang rusuk yang patah. Tapi yang paling parah adalah kecelakaan di Assen."

"Saya tidak pernah dalam kondisi 100% fit untuk menunggangi motor Honda, jadi saya tak bisa membetot gas dengan maksimal. Kondisi seperti ini di MotoGP itu sulit, terlebih lagi ketika Anda tak merasa sepenuhnya nyaman di atas motor."

"Itulah yang saya rasakan dengan Honda saat ini. Saya tidak pernah merasa benar-benar aman, terutama di bagian depan motor. Semua keadaan tersebut, terutama cedera-cedera, yang membuat situasi saya atau hasil-hasil menjadi buruk," ujar Lorenzo.

Post a Comment

0 Comments