Ocean Sports - Pep Guardiola merelakan Mikel Arteta meninggalkan Manchester City untuk menjadi manajer Arsenal. Ia mendoakan kompatriotnya ini sukses bersama The Gunners.

Arteta resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Arsenal, Jumat (20/12/2019) malam WIB. Ia menggantikan Unai Emery yang dipecat oleh Meriam London pada akhir November lalu.

Sebelum menggaet Arteta, Arsenal untuk sementara diasuh oleh Freddie Ljungberg sebagai manajer interim. Mereka melawati lima laga bersama pria asal Swedia ini.

Arteta merapat ke Arsenal dengan menanggalkan jabatannya sebagai asisten pelatih City di bawah Guardiola. Ia bergabung dengan The Citizens sejak 2016 dan mampu mempersembahkan dua gelar Liga Inggris, dua gelar Piala Liga Inggris, dan satu gelar Community Shield.

Guardiola sudah merelakan anak buahnya ini hengkang ke Arsenal. Ia menilai Arteta sudah selayaknya "naik kelas jika melihat kontribusinya untuk City. Ia mendoakan yang terbaik untuk mantan anak buahnya tersebut dengan jabatan barunya.

"Mikel telah menjadi pelatih yang sangat baik untuk Manchester City," kata Guardiola dikutip dari situs resmi City

"Dia telah menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan pengetahuan sepakbola yang mengesankan selama berada di sini. Ia telah memberikan kontribusi nyata bagi prestasi klub dalam beberapa tahun terakhir."

"Kami semua berharap yang terbaik untuknya dengan jabatan baru tersebut. Aku yakin dia siap untuk itu," ujarnya menegaskan.

Arteta akan menjalani debutnya sebagai manajer Arsenal akhir pekan ini. Laga sulit telah menantinya, Pierre-Emerick Aubameyang dkk harus bertandang ke markas Everton, Sabtu (22/12/2019) malam WIB, pada pekan ke-18 Liga Inggris.