Ocean Sports News - Harapan Arsenal untuk finis di empat besar semakin pudar setelah bermain imbang 1-1 dengan Brighton and Hove Albion. The Gunner berharap bantuan nasib baik pada pekan akhir.

Menjamu Brighton di Emirates Stadium, Minggu (5/5/219) malam WIB, Arsenal memimpin terlebih dahulu melalui pinalti PierreEmerick Aubameyang pada menit ke-9. Keunggulan tersebut bertahan hingga paruh pertama pertandingan usai.

Pada paruh kedua, Brighton menyamakan skor pada menit ke-61, juga melalui pinalti. Glenn Murray memaksimalkan peluang lewat titik putih untuk menaklukkan penjaga gawang Arsenal, Bernd Leno.

Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan selesai dan membuat tuan rumah menghadapi kesulitan untuk finis di posisi empat besar. Mengoleksi 67 poin dari 37 pertandingan, tim asuhan Unai Emery tersebut tertinggal 3 poin dari Tottenham Hotspurs di posisi empat klasemen.

Secara matematis selisi tersebut bisa saja di kejar di pertandingan terakhir. namun secara realistis amat berat. Karena Arsenal perlu menutup selisih 8 gol dari Tottenham Hotspurs.

Arsenal akan melawat ke Burnley pada pekan terakhir , sementara Tottenham Hotspurs akan kedatangan Everton.

Jalannya Pertandingan

Arsenal nyaris langsung mendapatkan gol di menit kedua. Henrikh Mkhitaryan melepaskan tembakan mendatar dari depan kotak penalti dan bola dimentahkan tiang gawang.

Mesut Oezil menguasai bola pantulan, namun hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Sebuah peluang bersih yang gagal.

Pada menit ke-8, Arsenal mendapatkan penalti usai Nacho Monreal terjatuh dalam duel dengan Alireza Jahanbakhsh. Pierre-Emerick Aubameyang maju sebagai algojo dan sukses menaklukkan Mat Ryan.

Brighton mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas di depan kotak penalti pada menit ke-19. Pascal Gross maju sebagai algojo dan tendangannya hanya membentur pagar pemain.

Ancaman untuk Arsenal pada menit ke-26. Umpan silang indah yang mengarah ke Glenn Murray dan disundul. Bernd Leno menangkap bola tersebut tepat di garis gawang.

Empat menit kemudian, Brighton kembali mencoba menekan. Kali ini Solly March menusuk dan melepaskan tembakan yang cuma berakhir di samping gawang.

Arsenal balas mengancam pada menit ke-36. Umpan silang dari Granit Xhaka disambar dengan sundulan Monreal ke pojok kanan bawah, namun masih dapat dijangkau oleh Ryan.

Berjarak tiga menit, Arsenal mendapatkan peluang kembali. Umpan silang lewat Mesut Oezil langsung disambar oleh Alexandre Lacazette di tengah kotak penalti. Ryan menunjukkan refleks yang cemerlang dengan menepisnya.

Arsenal tak meredakan tekanannya menuju akhir babak pertama. Sebuah sepakan keras dari Lucas Torreira dibelokkan ke luar lapangan oleh Bernardo.

Giliran Mkhitaryan melepaskan percobaan untuk Arsenal pada menit ke-45. Tendangannya dihalau Ryan. Sementara sepakan Lacazette tak lama berselang disundul menjauh dari gawang oleh bek Brighton.

Sundulan Lacazette dari sepak pojok yang dihasilkan cuma melebar. Babak pertama berakhir 1-0 keunggulan bagi tuan rumah.

Xhaka mencoba melepaskan tendangan bebas langsung ke gawang pada menit ke-54, namun membentur pagar pemain. Lima menit berselang, Arsenal mendapatkan hukuman penalti.

March lolos di sisi kiri dan merangsek ke kotak penalti, sampai kemudian dijatuhkan Xhaka dengan sebuah tarikan. Murray maju sebagai Algojo dan behasil menyamakan skor.

Arsenal memenangi tendangan sudut pada menit ke-68 dan tembakan Aubameyang menyambut umpan cuma melambung. Sementara percobaan lain pada menit ke-71 cuma mudah diantisipasi oleh Ryan karena mengarah ke tengah.

Aubameyang membuang peluang besar pada menit ke-74 saat umpan Mkhitaryan berbelok dan mengarah kepadanya di tengah kotak penalti. Tembakannya tipis saja ke kiri gawang.

Tekanan beruntun dari Arsenal. Tembakan Lacazette dari jarak dekat tak lama berselang bisa dihalau kiper.

Brighton melancarkan serangan dari sisi kiri pada menit ke-80. Sepakannya masih melebar dari gawang.

Tembakan Gross menyambar bola liar lima menit kemudian juga tak mengarah ke gawang, padahal Leno tak dalam posisi siap.

Arsenal terus mengejar gol kemenangan. Sepakan Lacazette di menit ke-89 patah di tangan Ryan. Hingga pertandingan usai, tidak ada gol lain tercipta.

Susunan pemain:

Arsenal: Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner (Sead Kolasinac 77'), Shkodran Mustafi, Sokratis Papastathopoulos, Nacho Monreal; Lucas Torreira, Granit Xhaka (Alex Iwobi 77'); Henrikh Mkhitaryan (Matteo Guendouzi 77'), Mesut Ozil, Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette

Brighton: Mat Ryan; Bruno, Shane Duffy, Lewis Dunk, Bernardo; Alireza Jahanbakhsh (Anthony Knockaert 46'), Dale Stephens, Yves Bissouma, Solly March; Pascal Gross (Kayal 92'); Glenn Murray (Florin Andone 78')