Ocean Sports - Premier League mengumumkan nama para kandidat peraih gelar manajer terbaik pada musim ini. Mereka adalah Pep Guardiola, Juergen Klopp, Mauricio Pochettino, dan Nuno Santo.

Guardiola menjadi kandidat kuat yang bisa endapatkan penghargaan tersebut setelah membawa Manchester City menuju gelar juara Premier League kedua beruntun. City saat ini memimpin persaingan dengan hanya 1 pekan terakhir, mengoleksi 95 poin dan unggul  poin saja dari Liverpool.

Kesuksesan Liverpool mendesak City dan membawa persaingan gelar berlangsung hingga pekan terakhir juga membawa Klopp masuk sebagai kandidat manajer terbaik. berkat sentuhannya, Liverpool musim ini tampil perkasa dengan 94 poin dari 37 pertandingan dan hanya kalah 1 kali.


Sementara itu Pochettino membawa Tottenham Hotspurs selangkah lagi mengunci posisi 4 besar. The Lilywhites sementara ini ada di posisi ke 4, berjarak 3 poin dari arsenal dengan keunggulan selisih gol yang besar (8 gol).

Jika tidak di landa petaka pada pertandingan terakhir, Tottenham akan lolos ke Liga Champions untuk 4 musim secara beruntun di bawah taktik Pochettino. Sebagai catatan, musim ini Pochettino tidak melakukan pembelian pemain.

Kandidat ke 4 adalah manajer Wolverhamton Wanderers Nuno Espirito Santo. Tangan dingin Nuno membawa Wolverhamton berhasil finis ke 7 pada musim pertamanya pada ajang Premier League setelah promosi dari Championsip musim lalu.

Pemenang akan di tentukan dari pemungutan suara terbuka yang di lakukan di situs resmi Premier League, lalu akan dikombinasikan dengan penilaian panel berisi ahli-ahli sepakbola. Pemungutan suara bagi umum akan di tutup pada hari Kamis (09/05/2019).  dan pemenang penghargaan akan resmi diumumkan pada Selasa (14/05/2019) mendatang.