Data dan Fakta MotoGP Belanda



Ocean Sports - MotoGP Belanda menjadi salah satu balapan yang paling bersejarah pada seri Grand Prix. Dijuluki dengan The University of two Wheels, Berikut data dan fakta balapan Sirkuit Assen.

GP Belanda yang digelar masih berada di bawah bayang-bayang kecelakaan beruntun yang terjadi di Catalunya, dua pekan lalu. Crash pada lap kedua yang melibatkan beberapa rider top dunia tersebut sangat menguntungkan bagi marc Marquez dalam persaingan menjadi juara dunia.

Marquez menuju ke Sirkuit Assen dengan keunggulan 37 poin dari Andrea Dovizioso yang berada di posisi kedua klasemen. Mempertimbangkan balapan yang baru berjalan 7 seri tersebut merupakan selisi poin yang sangat lebar.

Berikut data dan Fakta GP Belanda:

1. GP Belanda 2019 merupakan edisi ke-72 GP yang digelar oleh Belanda. Belanda merupakan satu-satunya balapan yang masih menjadi tuan rumah sejak pertama kali race GP digelar pada tahun 1949.

2. GP pertama di Belanda digelar di jalan raya. Pada tahun 1955 dibangun sirkuit, yang dikenal dengan Dutch TT. Karena layout dari lintasan yang memiliki berbagai variasi, trek ini kemudian mendapatkan julukan 'The Cathedral' dan juga 'The University of Two Wheels'.

3. Pada tahun 2006, panjang lintasan dipangkas menjadi 4.555 meter dari yang sebelumnya adalah 7.705 meter.

4. GP Belanda awalnya digelar pada hari Sabtu. Namun tradisi ini menjadi berubah pada 2016, dimana race digelar sama seperti pada seri lainnya yang jatuh pada hari Minggu.

5.Ducati masih memegang rekor top speed di Assen ketika Andrea Iannone mampu melesat dengan kecepatan 319,8 km/jam pada musim 2015.

6. Namun begitu, sudha 10 tahun lebih Ducati tidak pernah lagi menjadi juara di Belanda. Casey Stoner  (2008) menjadi rider ducati terakhir yang finis di podium tertinggi.

7. Marc Marquez selalu naik podium pada 6 musim terakhir di Belanda. Itu termasuk dua kemenangan yang dia raih pada musmim 2014 dan 2018.

8. Masih belum ada rider yang memenangi GP Belanda sebanyak Valentino Rossi pada kelas MotoGP dan 500cc. Total ada 8 kemenangan yang diraih oleh Rossi, yang pertama pad 2002 dan terakhir 2017. Assen menjadi lintasan yang paling banyak dimenangi oleh Rossi.

9. Setelah kemenangan di GP belanda 2017, Rossi belum pernah lagi menjadi juara seri di MotoGp.

10. Pada 13 balapan terakhir GP Belanda, tidak pernah ada rider yang sukses mempertahankan kemengangannya. Rider terakhir yang dua kali secara beruntun menang di Assen adalah Rossi pada 2004 dan 2005.

11. Menuju balapan di Assen, Marc Marquez tercatat memimpin balapan di 111 lap MotoGP musim ini. Jumlah tersebut 56 lap lebih banya dibandingkan seluruh rider lain jika ditotalkan.

Post a Comment

0 Comments